Ok kadang perangkat ini kalo dah
ngadat bisa buat orang gak nyaman mau perjalanan dekat atau jauh, itulah A/C
(Air Condition). Nah problem si hijau ini adalah hawa dingin akan berkurang
saat berjalan di kemacetan + di siang hari.
Nah karena perangkat A/C ada
beberapa bagian diantaranya:
1. Kompresor,
tugasnya sebagai pompa menekan gas Freon ke kondensor
2. Dryer,
tugasnya menyaring gas Freon dari kondensor
3. Kondensor,
tugasnya mendinginkan suhu uap Freon yang terkompres oleh Kompresor
4. Extra
fan, tugasnya mendinginkan kondensor karena panas yang timbul dari tekanan gas Freon
dari kompressor
5. Blower,
tugasnya menghembuskan udara ke arah evaporator
6. Evaporator,
tugasnya sebagai pentransfer dinginnya Freon dengan sirip-sirip yang rapat
7. Pressure
Switch
8. Expansion
Valves
Awalnya diketahui saat akan
melakukan perjalan ke bandung, saat mulai perjalanan (tidak macet) melewati
akses depok 2 tembus jalan juanda ac mulai bertingkah dengan hawa yang
dinginnya berangsur-angsur hilang. Akhirnya diputuskan untuk mampir ke bengkel
ac di jalan djuanda.
Setelah diperiksa tekanan low dan
high pressure di compressor sudah berkurang tapi masih ok, kemudian di cek
dryer, extrafan, evaporator dan blower. Dicurigai Freon berkurang, dryer
mampet, dan juga arah putaran extrafan yang salah.
Dilakukanlah pengecekan dan
ternyata tidak ada kebocoran pada jalur A/C, ganti Freon, ganti oli kompresor, dryer
diganti dan juga arah putaran extrafan sudah diperbaiki. Hasilnya hembusan A/C
kembali dingin walaupun harus jalan disiang hari yang terik. Akan tetapi A/C
kembali berkurang dinginnya saat kena macet. Sebelumnya bengkel A/C sudah
beritahu kalo memang nanti A/C gak dingin saat macet berarti kompresor yang
harus diservis atau diganti. Saat iseng nanya harga kompresor merek ND khusus
Vantrend katanya bisa sampai 3-4jt x_x ckckckkck…….. soalnya barangnya susah. Solusi
dari bengkel A/C adalah menggunakan kompresor dari Daihatsu Xenia karena
tipenya yang mirip. Ya sudahlah nanti saja kalo sudah ada uangnya aja hehehe…..
Sementara klo mau keluar pakai
mobil ya paling enggak jangan siang hari :D
Oiya kemarin tiba-tiba extrafan
mati, curiga switchnya rusak. Tapi setelah saya bongkar kabelnya saya coba bypass
positif exra fan ke aki dan ternyata tidak jalan, sedang switch berfungsi
dengan bunyi klik. Diputuskan membongkar extrafan tersebut. Setelah sudah
terlepas saya coba cek motornya tetapi tidak bisa dibuka :p…. paten bener…. Iseng
saya coba sambungkan kembali kabel positif (+) dari switch dan kabel negative (-)
ke body dan ternyata extrafan menyala… saya simpulkan bahwa extrafan tidak
meyala karena tidak dapat negative (-)… aneh juga karena sebelumnya tidak
apa-apa.
Temuan saya saat extrafan saya
nyalakan kok rasanya tiupan anginnya kurang berasa ya juga suara tiupannya
lemah sekali.. dan saya pikir mungkin sudah waktunya diganti. Tetapi kemudian
setelah saya amati bilah kipas ini ternyata terbalik x_x (pantas aja kurang
maksimal niupnya) setelah di balik tiupannya sangat terasa kencang gitu juga
dengan suaranya…
Dan hasilnya sekarang proses
pendinginan berlangsung agak cepat disbanding sebelumnya, yah walau ketemu
macet di sianghari tetap aja gak dingin :D… mungkin harus ganti kompresor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar